Analisis Resiliensi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Cikarang Selatan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat resiliensi siswa di SMPN 3 Cikarang Selatan dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 3 Cikarang Selatan. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII berjumlah 36 orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini berdasarkan pada teknik purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument non tes, yaitu berupa angket tertutup. Penggunaan instrument angket adalah untuk mengukur resiliensi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategorisasi resiliensi tinggi yaitu sebanyak 14 orang, dengan kategorisasi sedang yaitu 18 orang, dan dengan kategorisasi rendah yaitu 4 orang. Berdasarkan indikator resiliensi matematis diketahui bahwa siswa memiliki tingkat resiliensi tertinggi sebesar 82,64% pada indikator ke-4 dan memiliki tingkat resiliensi terendah sebesar 44,44% pada indikator ke-3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat resiliensi siswa di SMP Negeri 3 Cikarang Selatan rata-rata sedang.
Kata Kunci : Resiliensi, Matematis, Pembelajaran