Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Materi Aljabar
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aljabar ditinjau dari tahapan Polya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 38 siswa kelas VIII-I SMP Negeri 3 Karawang Barat Tahun Ajaran 2023/2024. Yang menjadi sampel dari penelitian yaitu empat siswa dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi. Pengambilan data diperoleh dengan instrumen tes dan instrumen non tes wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa berkategori rendah belum mampu memecahkan masalah karena tidak mampu memahami masalah. Siswa berkategori sedang juga belum mampu memecahkan masalah karena terdapat siswa yang hanya mampu menyusun rencana tetapi kesulitan dalam melakukan proses perhitungan dan terdapat juga siswa yang mampu menyusun rencana dan mampu melakukan perhitungan dengan tepat. Sedangkan siswa berkategori tinggi sudah mampu memecahkan masalah.