Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soalmengenai materi Relasi dan Fungsi. Relasi dan Fungsi merupakan salah satu materi pelajaran matematika SMPyang terdapat pada kompetensi dasar kelas VIII. Subjek penelitian yaitu beberapa siswa di salah satu SMPKecamatan Karawang Barat. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan sampel yaitu dengan purpossive sampling, diperoleh 19 peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan instrument tes uraian yang disesuaikan dengan indikator kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil analisis didapatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kategori sedang memiliki presentase terbanyak dilanjutkan dengan kategori tinggi dan rendah. Dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi sebesar 15,79% mampu menguasai kelima indikator namun tidak sempurna, serta siswa dengan kategori sedang sebesar 63,16% tidak mampu menguasai salah satu indikator yaitu menyusun pertanyaan matematika dengan materi yang sudah dipelajari dan siswa dengan kategori rendah sebesar 21,05% tidak mampu menguasai dua indikator yaitu menjelaskan gagasan, situasi dan hubungan matematika kedalam bentuk gambar, grafik; dan menyusun pertanyaan matematika dengan materi yang sudah dipelajari.