Deskripsi Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMP pada Materi Teorema Phytagoras
Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitis siswa SMP pada materi Teorema Phytagoras. Hal ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir analitis siswa masih pada kategori rendah. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subyek dalam artikel ini sebanyak 32 siswa kelas IX G SMPN 4 Karawang Barat. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal esai sebanyak 2 soal yang mencakup 3 indikator kemampuan berpikir analitis: membedakan, mengorganisasi, dan attributing. Kemampuan berpikir analitis siswa terbagi menjadi beberapa kategori yakni rendah, sedang, dan tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan data, ditunjukkan kemampuan berpikir analitis siswa dikategorikan sebagai berikut: rendah sebanyak 28 siswa (87,5%); sedang sebanyak 4 siswa (12,5%); dan tinggi 0 siswa (0%). Siswa dengan kemampuan rendah tidak memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir analitis dan kemampuan perhitungan yang rendah, sedangkan siswa dengan kemampuan sedang sudah mampu memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir analitis tetapi masih terdapat kesalahan yang menyebabkan kurangnya ketepatan dalam penyelesaian soal. Jadi dapat disimpulkan, kemampuan berpikir analitis siswa SMP pada materi Teorema Phytagoras tergolong rendah.