Hubungan Locus of Control dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa
Abstract
Kemampuan representasi matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa menurut National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). Aspek lain yang tidak kalah penting dimiliki oleh siswa yakni kemampuan locus of control yang berkaitan dengan sifat kepercayaan diri serta seberapa jauh individu memandaang hubungan antara perbuatan, sebab akibat, serta hasil dari pencapaiannya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan locus of control dengan kemampuan representasi matematis siswa pada materi phytagoras. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Al-Ikhlas Proklamasi Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024. Pemilihan sampel dengan cara simple random sampling, sehingga didapatkan siswa kelas VII-A sebagai sampel penelitian dengan jumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen non-tes yaitu angket locus of control dan instrumen tes yaitu tes kemampuan representasi matematis berupa soal uraian sebanyak 3 soal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif non-eksperimen. Analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson dengan perhitungan menggunakan Microsoft Excel dan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara locus of control dengan kemampuan representasi matematis siswa, dengan tingkat hubungan sedang yaitu 0,39 dan nilai signifikansi 0,048 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara locus of control dengan kemampuan representasi matematis siswa. Adapun pengaruh locus of control terhadap kemampuan representasi matematis siswa yaitu sebesar 15,2%, sedangkan 84,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar penelitian.