Pengaruh Kecemasan Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi matematis pada siswa SMP. Materi yang digunakan dalam mengukur kemampuan literasi matematis adalah teorema Pythagoras. Dengan menggunakan Purposive Sampling diperoleh 40 siswa kelas VIII dari SMPN 3 Karawang Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode
deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah kuesioner dan tes. Kuesioner untuk mengukur tingkat kecemasan terdiri dari 20 item. Kemampuan literasi diukur dengan tes yang terdiri dari 3 soal uraian yang dilengkapi dengan rubrik penskoran. Analisis regresi linier digunakan untuk menemukan besarnya pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikankecemasan matematikaterhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP. Koefisien regresi menunjukkan pengaruh positif antara kecemasan matematika dengan kemampuan literasi matematis siswa. Kesimpulannya adalah kecemasan matematika memengaruhi sebesar 59,3% pada kemampuan literasi matematis, sementara 40,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.