Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Android Pada Mata Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar
Abstract
Dalam era saat ini, sejumlah besar siswa aktif menggunakan smartphone, sehingga hal ini menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan oleh para guru sebagai sarana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran berbasis smartphone, khususnya pada mata pelajaran matematika, untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Fokus analisis tertuju pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII D, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen angket. Variabel penelitian mencakup kebutuhan terhadap media pembelajaran berbasis Android dan kecenderungan gaya belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96,20% siswa telah menggunakan smartphone berbasis Android dalam kehidupan sehari-hari, dengan 73,10% di antaranya telah menggunakannya selama 2-5 tahun. Sebagian besar siswa memiliki gaya belajar visual, diikuti auditorial, Read/Write, dan kinestetik. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis Android untuk mata pelajaran matematika yang mempertimbangkan gaya belajar visual, auditorial, dan Read/Write siswa.