Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Terhadap Soal Cerita Pada Materi SPLDV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa SMP terhadap soal cerita pada materi SPLDV. Penelitian ini dilakukan pada 28 siswa kelas IX A SMP Daya Utama Kota Bekasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan literasi numerasi. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan literasi numerasi siswa dapat dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu: 1) kategori tinggi dimana siswa dapat menggunakan kemampuan matematis dan kemampuan representasi matematis dengan baik, namun kurang tepat dalam menyimpulkan hasil matematika; 2) kategori sedang dimana siswa dapat memahami konteks untuk menyelesaikan masalah matematika serta siswa dapat menghubungkan berbagai macam representasi saat menyelesaikan masalah matematika, namun dalam proses mencapai solusi matematikanya kurang tepat sehingga kesimpulan hasil matematikanya juga kurang tepat;3) kategori rendah dimana siswa hanya mampu memahami konteks untuk menyelesaikan masalah matematika, namun siswa belum mampu menghubungkan berbagai macam representasi saat menyelesaikan masalah matematika, sehingga siswa belum mampu menyelesaikan proses dalam mencapai solusi matematika yang mengakibatkan siswa belum mampu untuk menyimpulkan hasil matematika. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa kelas IX A SMP Daya Utama Kota Bekasi tergolong kategori sedang dilihat dari banyaknya siswa yang mencapai kategori tersebut.