Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa di Salah Satu SMPN Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX di salah satu SMPN kota Padang. Sampel penelitian ini sebanyak 88 siswa kelas IX dan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan informasi yang digunakan dengan pemberian angket kepada siswa yang terdiri dari 8 indikator dengan 30 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX di salah satu SMPN kota Padang berada pada klasifikasi tinggi yaitu sebesar 79,61% dari 88 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IX di salah satu SMPN kota Padang sudah mampu untuk belajar mandiri.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-05-31
How to Cite
Gupi, M., & Hanifah. (2024). Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa di Salah Satu SMPN Kota Padang. Prosiding Sesiomadika, 5(1), 37–46. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10454
Issue
Section
Artikel