Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa di Salah Satu SMPN Kota Padang

Authors

  • Mayliza Gupi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX di salah satu SMPN kota Padang. Sampel penelitian ini sebanyak 88 siswa kelas IX dan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan informasi yang digunakan dengan pemberian angket kepada siswa yang terdiri dari 8 indikator dengan 30 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX di salah satu SMPN kota Padang berada pada klasifikasi tinggi yaitu sebesar 79,61% dari 88 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IX di salah satu SMPN kota Padang sudah mampu untuk belajar mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-31

How to Cite

Gupi, M., & Hanifah. (2024). Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa di Salah Satu SMPN Kota Padang. Prosiding Sesiomadika, 5(1), 37–46. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10454