PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT)

Authors

  • Lutfi Nursyifa Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Haerudin Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yusi Ardiyanti Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menelaah peningkatan kemampuan pemecahan matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) menelaah perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk menjawab rumusan penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik nonprobability sampling, dengan pengambilan sampel yang dilakukan secara purposivesampling dipilih dua kelas yaitu kelas VII B (N = 40) sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT dan kelas VII E (N = 38) sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh dengan uji Mann-Whitney sebesar 0,0005 <?= 0,05. 2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang diperoleh dengan uji Mann-Whitney sebesar 0,0000 <?= 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Hendriana, H. dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H. dan Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Kartini, I. (2016). Implementasi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK. Tesis UNPAS: tidak diterbitkan.

[Muslim, R.I. (2012). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta: tidak diterbitkan.

NCTM. (2000). Principle and Standarts of School Mathematics. New York: Nasional Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nugroho, A.M. dkk. (2013). “Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah”. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol. 2 No. 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3325. (Diakses pada tanggal 26 Desember 2017)

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sopiany, H.N. dan Hijjah, I. S. (2016). “Penggunaan Strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa MTsN Rawamerta Karawang”. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol. 9 No. 2. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1007/1779. (Diakses pada tanggal 25 April 2018)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

[Zulkarnaen, R. (2010). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa SMA melalui Pendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-coop. Tesis UPI: tidak diterbitkan.

Published

2021-06-26

How to Cite

Nursyifa, L., Haerudin, H., & Ardiyanti, Y. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT). Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2094

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>