PEMBELAJARAN DENGAN ETNOMATEMATIKA CONGKLAK
Abstract
Etnomatematika merupakan suatu teori yang mendasari bahwa dalam kehidupan budaya terdapat unsur matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap unsur etnomatematika yang terdapat dalam permainan tradisional congklak dan bagaimana penerapanya dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah etnografi dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat unsur matematika pada permainan congklak berupa membilang. (2) permainan congklak dapat menumbuhkan karakter jujur, sportif dan teliti. (3) congklak dapat mengasah kemampuan motorik halus dan motorik kasar dari siswa. (4) penerapan etnomatematika congklak dapat memotivasi siswa dan membuat siswa bersemangat dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Hanik, U., & Nurtaman, M. E. (2017). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. In Seminar Nasional PGSD UNIKAMA2 (Vol. 1, pp. 482–488).
Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permaninan tradisional bagi anak usia dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 115–134.
Indriani, M. N., & Imanuel. (2018). Pembelajaran matematika realistik dalam permainan edukasi berbasis keunggulan lokal untuk membangun komunikasi matematis. In Prisma (Prosidimg Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 256–262).
Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese Ethnomathmematics: Mathematical Activities Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198.
Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2015). Pengembangan desain pembelajaran matematika untuk siswa SD berbasis aktivitas budaya dan permaianan tradisional masyarakat kampung Naga. Jurnal Siliwangi, 1(1), 63–74.
Nurhafizah, & Kosnin, A. M. (2015). Implementasi Permainan Tradisional Indonesia Di Taman Kanak-Kanak Kota Padang. PEDAGOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XV(1), 85–93.
Sutarni, M. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(16), 34–45. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004