Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat
Abstract
Artikel ini merupakan studi pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi segiempat yaitu persegi panjang. Adapun indikator pemahaman konsep dalam penelitian ini adalah: a) mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu; b) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; c) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu; d) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX pada salah satu SMPN di Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan sampel yang diambil berasal dari kelas IX D yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep yang berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukan nilai hasil tes pemahaman konsep siswa sebesar 20% pada kategori tinggi, 33,33% pada kategori sedang dan 46,67% pada kategori rendah.
Kata kunci:
Bangun Datar Segiempat, Kemampuan Pemahaman Konsep, MatematikaDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, & Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT . Remaja Rosdakarya.
Arifuddin, A. (2016). Pembelajaran Matematika Model Quantun Teaching dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 186-191.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional, P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.
Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 87-94.
Fadzillah, N. (2016). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Skripsi.
Hayat, A. B., Noer, S. H., & Nurhanurawati. (2013). Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 1(3), 1-10.
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematic. Virginia: NCTM.
Nursaadah, I., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Numeracy, 5(1), 1-9.
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 34-38.
Ramlah, & Hanifah. (2018). Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 17-25.
Rasid, S., Hairun, Y., & Afandi, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individuallization (TAI) ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1-52.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E., Murni, A., & Anggraini, R. D. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X MAN 2 Model Pekanbaru Melalui Penerapan Discovery Learning. Jurnal Online Mahasiswa FKIP, 1-11.
Susanti, V. D. (2017). Profil Pemahaman Siswa Dalam Memecahkan Masalah pada Mata Kuliah Matematika SMP ditinjau dari Multiple Intelligence. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 57-67.
Wijaya, T. T., Dewi, N. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 19-28.
Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendiidkan Matematika, 2(2), 91-100.