Analisis Tingkat Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Tunas Bukit Indah Purwakarta terhadap Materi Relasi dan Fungsi

Authors

  • Adam Pratama Pendidikan Matematika - UNSIKA
  • nita hidayati

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kesalahan siswa dalam memahami konsep matematis terhadap materi Relasi dan Fungsi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Bukit Indah Purwakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian dilakukan terhadap 25 siswa kelas VIII SMP. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa yang kemudian dianalisis melalui kriteria persentase kemampuan pemahaman matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa masih melakukan kesalahan dalam menjelaskan konsep relasi dan fungsi. Sebagian besar siswa dalam kemampuan memahami konsep berada pada kriteria sedang dan tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Tunas Bukit Indah terhadap materi relasi dan fungsi memiliki tingkat kesalahan yang rendah atau dapat dikatakan siswa telah dapat memahami konsep secara baik namun masih terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam menjawab soal yang diberikan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

nita hidayati

pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

References

DAFTAR PUSTAKA

Hamalik. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakrya.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Media Group.

Published

2019-12-09

How to Cite

Pratama, A., & hidayati, nita. (2019). Analisis Tingkat Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Tunas Bukit Indah Purwakarta terhadap Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2377

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>