KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penulisan atikel ini ialah untuk menelaah dan mendeskripsikan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau berdasarkan pada langkah-langkah polya. Berdasarkan hal tersebut, Kemampuan pemecahan masalah dengan kecerdasan matematis tingkat tinggi dapat terlihat dengan: siswa mampu memahami masalah dengan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat, merencanakan masalah, melaksanakan rencana dengan tepat, serta melihat kembali hasil penyelesaian. Oleh karena itu, kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik sangat diperlukan karena merupakan lima kemampuan dasar yang utama harus dimiliki siswa, sehingga tujuan pembelajaranpun dapat tercapai dengan sangat baik. Metode yang digunakan dalam hal ini ialah kajian kepustakaan, dimana penulis mengkaji berbagai literatur yang relevan dari berbagai sumber dengan objek kajian yang berkaitan. Hasil dari studi literatur tersebut ialah kajian hasil penelitian dari berbagai sumber referensi mengenai kemampuan matematis siswa dalam mengaitkan langkah-langkah penyelesaian matematika berdasarkan perspektif polya..
Kata kunci:
Kemampuan pemecahan masalah matematis, langkah-langkah polya
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Mairing, J.P., Budaya, I.K., & Juniati, D. (2011). Profil Pemecahan Masalah Peraih Medali OSN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 18(1), 65-67.
Mairing, Dr. Jackson Pasini. (2015).Pemecahan Masalah Matematika. Palangkaraya: Alfabeta Bandung
Netriwati. (2016).Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Aljabar : Jurnal Pendidikan Matematika Vol.7, No. 2 Hal 181-190.
Sumarmo, Prof.Dr.Utari, dkk. (2017). Hard Skill and Soft Skill Matematik Siswa. Ciamis : Refika
Ulya. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol 1 No. 2. Universitas Muria Kudus.
Yudhanegara, Mokhammad Ridwan dan Karunia Eka Lestari. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama