Pemahaman Matematis Siswa SMP dengan Pokok Bahasan Kubus dan Balok
Abstract
Penelitian artikel ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada pokok bahasan kubus dan balok. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan kajian pustaka atau penelitian terdahulu. Pemahaman matematis siswa SMP saat ini masih tergolong rendah. Kemampuan pemahaman matematis harus dimiliki oleh siswa karena dalam matematika untuk memahami suatu soal itu tidak mudah, butuh pemikiran yang logis untuk mendapatkan hasil dari suatu soal. Berdasarkan kajian pustaka pemahaman matematis siswa sangat penting, karena dengan pemahaman matematis siswa dapat membentuk, mengaitkan, serta menerapkan konsep matematis dalam berbagai macam bentuk representasi matematika guna memahami suatu persoalan. Sehingga dapat diketahui bahwa kemampuan pemahaman matematis sangat berpengaruh pada saat menyelesaikan persoalan matematis khususnya pada pokok bahasan kubus dan balok.