Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Aljabar
Abstract
Mengingat masih banyaknya siswa yang kurang mampu memahami konsep pemahaman matematis, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan masalah pembelajaran siswa kelas VIII disalah satu SMP di kabupaten Karawang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Subjek yang digunakan untuk penelitian diperoleh secara acak. Dari tes yang telah diberikan, didapatkan hasil yang masih dibawah rata-rata, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah.
Kata kunci:
Kemampuan Pemahaman Konsep, Aljabar
Downloads
References
Bagus, Rai Utama. Teknik Sampling dan Penentuan Jumlah sampel. https://www.researchgate.net/publication/289657773_Teknik_Sampling_dan_Penentuan_Jumlah_sampel. Di unduh pada 10 November 2019.
Fajar, Ayu Putri. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika 9(2):229-239.
Jainuri, Muhammad. PemahamanKonsep. https://www.academia.edu/6942541/Pemahaman_Konsep. Di unduh pada 15 November 2019.
Karunia, Eva Putri. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar dalam Model Knisley.
Pitaloka, Y.D. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2):1-8.
Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Wahyuni & Karimah. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2): 232-233. NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.