Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus

Authors

  • fahrurozie augustian Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang
  • adi ihsan imami Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi persamaan garis lurus. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Menggunakan model, diagram, dan simbol-simbol untuk mempresentasikan suatu konsep; 2) Mengindentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh; 3) Mengubah suatu bentuk representasi ke bentuk lain; 4) Mengindentifikasi sifat-sifat suatu konsep; 5) Membandingkan dan membedakan konsep-konsep; 6) Mengenal syarat-syarat yang menentukan suatu konsep. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada salah satu SMP di Kabupaten Bekasi dengan jumlah sampel sebanyak 39 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis pada kategori tinggi, 10,25% pada kategori sedang dan 89,75% pada kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2016). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, K. N. (2017). PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 87-94.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Mendiknas. (2006). Permendiknas No.22 tentang Standar Isi. Jakarta: Mendiknas.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-12-12

How to Cite

augustian, fahrurozie, & imami, adi ihsan. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2853

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2