Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Phytagoras
Abstract
Peneliti bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa tingkat SMP dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi phytagoras. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XIII J di SMP Negeri 3 Karawang yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa tes kemampuan penalaran matematis yang diadopsi dari skripsi. Berdasarkan hasil penelitian subjek dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis berkategori tinggi dapat menyelesaikan soal dan perhitungan dengan cukup baik. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang mampu melakukan perhitungan namun tidak masih terdapat kesalahan dalam perhitungan yang kurang tepat, sedangkan siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah masih belum paham bagaimana perhitungannya dan tidak dapat menyelesaikan soal dengan baik.