Tingkat Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Matematika pada Siswa SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan pembelajaran matatematika siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 3 Karawang Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan instrumen non tes berupa angket. Terdapat 4 indikator dalam angket yaitu (1) percaya pada kemampuan sendiri (2) bertindak mandiri dalam mengambil keputusan (3) memiliki konsep diri yang positif (4) berani mengungkapkan pendapat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas 8 SMPN 3 Karawang Timur pada kepercayaan diri dan kemampuan terhadap pembelajaran matematika sudah cukup baik. Pada kenyataannya siswa memiliki niat yang cukup baik dalam belajar matematika namun pada penyelesaian soal matematika, siswa kurang percaya terhadap hasil yang diperoleh.