PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEYAKINAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMAN 1 PEBAYURAN
Abstract
Keyakinan siswa terhadap pembelajaran matematika dipengaruhi oleh bagaimana ia “menyambut” pelajaran matematika tersebut. Keyakinan yang tidak benar, seperti menganggap bahwa matematika sebagai pelajaran atau materi yang sulit dipelajari, sangat abstrak, penuh rumus, hanya bisa “dikuasai” oleh anak-anak pintar saja, menjadikan banyak siswa yang khawatir berlebihan menghadapi pelajaran matematika yang di ujian. Bagaimanapun, para guru/pengajar/pembimbing memegang peran penting dalam membangun keyakinan dan kepercayaan siswa terhadap matematika. Jadi siswa berkeyakinan bahwa sebagian besar berdasarkan yang dialaminya selama belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keyakinan belajar matematika siswa SMAN 1 Pebayuran melalui instrumen disposisi metamatis. Instrument terdiri dari 28 pertanyaan dengan 4 kategori skala model Likert, yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (S) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh disposisi matematis terhadap keyakinan belajar matematika pada siswa SMAN 1 Pebayuran melalui survei dengan pemberian angket pada masing-masing siswa sebanyak 36 siswa dengan 28 pertanyaan dari indikator disposisi matematis, setelah di peroleh dari jawaban para siswa kelas X IPA 7 mengkatorikan mereka dalam kondisi Sedang sebanyak 30 siswa, Rendah 1 siswa, Tinggi 5 siswa artinya memperoleh rata-rata keyakinan siswa dalam pembelajaran matematika adalah Sedang.