MISKONSEPSI MATEMATIS DALAM PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Authors

  • Azizah Rizqi Mubarokah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Miskonsepsi merupakan terjadinya ketidaksesuain atau kesalahpahaman konsep dalam menyelesaikan masalah matematika dengan pemahaman konsep para ilmuwan atau konsep-konsep yang sesuai dengan aturan matematika. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya miskonsepsi siswa pada materi aritmatika sosial berdasarkan indikator miskonsepsi. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu dengan analisa secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yang dilakukan pada kelas VIII SMPIT Baitul Ilmi Tambun Selatan sebanyak 6 siswa dengan menggunakan Simple Random Sampling. Sering terjadinya bahwa masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi aritmatika sosial, baik dari miskonsepsi terjemah, miskonsepsi konsep, miskonsepsi strategi, miskonsepsi sistematik, miskonsepsi tanda, dan miskonsepsi berhitung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes tertulis berupa soal uraian dan wawancara sederhana. Hasil analisa yang telah dilakukan yaitu ketika pembelajaran matematika, masih adanya miskonsepsi pada siswa dikarenakan kurangnya pemahaman konsep pada materi aritmatika sosial sehingga terjadinya kesalahan ketika menyelesaikan soal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-08

How to Cite

Mubarokah, A. R., & Hakim, D. L. . (2023). MISKONSEPSI MATEMATIS DALAM PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7643