Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Pada Materi SPLTV

Authors

  • Tania Ruslianti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah

Abstract

Penulisan artikel ini yakni studi pendahuluan yang bermaksud untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLTV. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 31 orang siswa kelas XI MIPA 2 di MAN 1 Bekasi, pemilihan sampel dengan cara Simple Random Sampling yaitu pemilihan secara acak terlepas dari status kelas tersebut. Teknik pengambilan data dengan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep berbentuk uraian terdiri dari 4 soal. Hasil penelitian ini menyatakan nilai hasil tes kemampuan pemahaman konsep pada kategori tinggi terdapat 5 orang siswa dengan persentase 16,13%, kategori sedang terdapat 20 orang siswa dengan persentase 64,52% dan kategori rendah terdapat 6 orang siswa dengan persentase 19,35%. Berdasarkan hasil tersebut hanya 5 orang siswa yang mendapatkan nilai lebih dari 82,40, artinya pada kelas tersebut kemampuan pemahaman konsep matematisnya masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-02-10

How to Cite

Ruslianti, T., & Firmansyah , D. . (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Pada Materi SPLTV . Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7654