Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Authors

  • Silvi Widyanawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal yang disajikan dalam bentuk cerita yang berkaitan dengan masalah kontekstual dengan menggunakan model matematika dalam kehidupan sehari-hari pada materi sistem persamaan dua variabel (SPLDV). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deksriptif  kualitatif yang bersifat menganalisis kemampuan siswa dalam penalaran matematis untuk memperoleh gambaran tentang tingkat kemampuan penalaran matematis siswa. Dengan subjek penilitian siswa kelas IX SMPN 5 Karawang Barat. Instrumen yang dipakai untuk mendapatkan data penelitian yaitu berupa tes uraian yang terdiri dari 6 soal kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil analisis, nilai rata-rata dari keseluruhan soal dan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) mencapai 39% dari 35 siswa sehingga kemampuan penalaran siswa tergolong kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-19

How to Cite

Widyanawati, S., & Firmansyah, D. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7659

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>