Pengaruh Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK Muhammadiyah 4

Authors

  • Maylina Primusti Sari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 18 siswi kelas XI Kesehatan SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi Tahun Pelajaran 2022/2023. Data diperoleh dengan meminta para siswa mengisi angket gaya belajar untuk mengidentifikasi kategori gaya belajar siswa, kemudian diberi 4 soal uraian matematika untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif. Dari observasi ditemukan peserta didik dengan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik, visual-auditorial, dan visual-kinestetik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu peserta dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 1, gaya belajar auditori memiliki kemampuan gaya belajar dengan tingkat yang beragam, gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 0, gaya belajar visual-auditorial memiliki kemampuan tingkat 1 dan 3, serta gaya belajar visual-kinestetik memiliki kemampuan tingkat 1. Dari hasil penelitian, peserta didik dengan gaya belajar kinestetik mempunyai tingkat berpikir kreatif yang relatif rendah. Mungkin kemampuan itu akan semakin berkembang jika pengajar merencanakan pembelajaran yang terdapat kegiatan praktik juga.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-02-19

How to Cite

Sari, M. P., & Abadi, A. P. (2023). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK Muhammadiyah 4. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7670

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>