Analisis Self-Regulated Learning Siswa Smp Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemandirian belajar (self-regulated learning) matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Cikarang Utara pada kelas VIII.7 tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode pengumpulan data berupa metode survey. Adapun tes yang diberikan berupa angket self-regulated learning sebanyak 34 pernyataan yang diperuntukkan bagi setiap siswa. Hasil analisis yang di dapat berdasarkan angket ialah kemampuan self-regulated learning siswa SMP di Kabupaten Bekasi diantaranya : a). Tingkat tinggi self-regulated learning siswa pada mata pelajaran matematika sebanyak 1 orang, b). Tingkat sedang self-regulated learning siswa pada mata pelajaran matematika sebanyak 21 orang, dan c). Tingkat rendah self-regulated learning siswa pada mata pelajaran matematika sebanyak 17 orang.