Mengetahui Keyakinan Diri Dalam Pelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 1 Pebayuran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keyakinan diri pada pelajaran matematika yang diukur dari tingkat kesulitan pelajaran matematika yang dapat diselesaikan oleh individu, keyakinan terhadap tugas yang bisa dikerjakan, dan keberhasilan dalam mengatasi masalah. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 1 Pebayuran kelas X IPA 1 tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket self efficacy yang berjumlah 15 soal dengan tanggapan pilihan Sangat Setuju (SS), Tidak Setuju (TS), Setuju (S), dan Sangat Tidak Setuju (STS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy siswa SMA Negeri 1 Pebayuran kelas X IPA 1 masuk ke dalam kategori tinggi yaitu 66%. Berdasarkan presentase self efficacy tersebut, dapat ditafsirkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Pebayuran kelas X IPA 1 mampu mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas, dan menyelesaikan masalah matematika dengan baik.