Analisis Proses Belajar Siswa Berdasarkan Interaksi Terhadap LKPD pada Materi Bilangan Bulat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar siswa berdasarkan interaksi terhadap LKPD pada materi bilangan bulat dengan materi prasyarat bilangan bulat, desimal dan pecahan, dimana materi prasyarat bilangan desimal dan pecahan dipelajari oleh siswa pada kelas 5 Sekolah Dasar dan materi bilangan bulat pada kelas 6 Sekolah Dasar pada saat pandemi dimana proses belajar secara online . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di wilayah Kabupaten Bogor denagn sampel 2 siswa dengan kemampuan gaya belajar yang berbeda. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukan terjadi learning loss materi bilangan bulat yaitu sifat-sifat operasi bilangan bulat dan pecahan pada kedua siswa dikarenakan pembelajaran secara daring selama 2 tahun di Sekolah Dasar serta tidak adanya kemandirian belajar siswa selama masa pandemi covid-19 yang menyebabkan kurangnya daya literasi siswa sehingga kesulitan dalam memecahkan soal.