Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Agung Prasetyo Universitas Singaperbangsa
  • Dani Firmansyah Universitas Singaperbangsa

Abstract

Hedges (1996) menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan dasar untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan materi program linier tingkat SMA dengan kualitas soal non-rutin. Dalam penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Pebayuran subjek yang diambil ada 5 siswa berkemampuan matematika tinggi dari 36 siswa kelas XII IPA 3. Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih tergolong sangat rendah dengan rata-rata 0.03 dari skor ideal 24 atau dalam bentuk persentase 3% dari 100%. 2) Kemampuan berpikir kritis yang memiliki skor paling rendah yaitu indikator situation, inference, reason, dan overview dengan presentase rata-rata 0%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-02-19

How to Cite

Prasetyo, A., & Firmansyah, D. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7767