Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Karawang menggunakan materi aljabar. Populasi dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa 7 butir soal uraian sesuai dengan indikator pemahaman matematis menurut Jihad dan Haris (2010) dan instrumen non tes sebanyak 28 pernyataan self confidence menurut Hendrawanto dkk (2019). Teknis analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan kemampuan pemahaman matematis peserta didik tergolong sedang. Peserta didik belum memenuhi indikator menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematika dan indikator membangun syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep dengan masing-masing persentase sebesar 8.9% dan 20.8%. Pernyataan positif self confidence sebesar 71% lebih besar daripada pernyataan negatif yaitu sebesar 46%. Semakin besar tingkat self confidence, maka semakin tinggi kemampuan pemahaman matematis peserta didik.
Kata kunci : pengaruh, kemampuan pemahaman matematis, self confidence