KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN LANGKAH POLYA
Abstract
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP materi himpunan berdasarkan langkah polya. Dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa kelas VII-B di SMP Kabupaten Bogor. Pemilihan subjek secara purposive sampling dengan mengambil 3 siswa untuk mewakili siswa kategori rendah, sedang, dan tinggi. Instrument pengumpulan data berupa dua buah pertanyaan uraian materi himpunan. Teknik analisis data yang dipergunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh (1) 63% siswa mampu memahami masalah; (2) 66% siswa mampu menyusun rencana; (3) 56% siswa mampu menjalankan rencana; dan (4) 21% siswa mampu memeriksa kembali.