Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Pemahaman Konsep Matematis Aljabar Menggunakan Metode Penugasan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik mengenai aljabar di kelas VIII SMP. Metode yang digunakan dalam pembelajaran aljabar ini adalah metode penugasan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-7 di SMP Negeri 04 Cikarang Utara yang berjumlah 40 orang. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes tertulis yang berisi 7 soal essai sesuai dengan indikator kemampuan. Berdasarkan hasil penelitian pada tes tertulis diperoleh peserta didik dengan nilai terendah, nilai sedang dan nilai tertinggi. Namun, dalam tes tersebut yang mendapat nilai tinggi hanya sekitar 10% dari jumlah seluruh peserta didik di kelas, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 40% mendapat nilai sedang dan 50% mendapat nilai rendah. Jadi, berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII-7 di SMP Negeri 04 Cikarang Utara masih rendah.