Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa SMP dalam mengerjakan
soal materi bangun ruang dengan menggunakan metode analisis kesalahan polya. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMA Negeri 2 Karawang Barat. Analisis yang digunakan
yaitu reduksi data, penyajian data dan penariksan simpulan. Data penelitian ini adalah data hasil
tes kognitif siswa, berupa uraian dari soal bangun ruang sisi datar yang ditinjau dari kesalahan
siswa megerjakan soal. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa persentase rata – rata siswa
dalam melakukan kesalhan lebih kecil dibandingkan dengan siswa menjawab soal dengan benar
presentase yang didapatkan sebesar 66,43%. Siswa melakukan kesalahan terbesar pada saat siswa
melakukan pemeriksaan Kembali jawaban yang telah dihasilkan, tapi siswa malah berhenti disaat
penyelesaian jawaban lalu siswa terfokus Kembali untuk mengerjakan soal.