Analisis Literasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif di Era Implementasi Kurikulum Merdeka
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif di era implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa pada kelas VIII-H di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purpossive sampling yang didasarkan pada skor Group Embedded Figure Test (GEFT), dengan skor tertinggi dan terendah pada masing-masing kategori gaya kognitif sehingga diperoleh 2 siswa yang mewakili kategori gaya kognitif field independent (FI) dan 2 siswa yang mewakili kategori gaya kognitif field dependent (FD). Pengambilan data menggunakan instrumen tes yang terdiri dari Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mengetahui kategori gaya kognitif siswa, tes tulis dengan 3 butir soal uraian yang masing-masing soal termuat 1 indikator literasi matematis untuk mengukur literasi matematis siswa dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam menyelesaikan soal antara siswa dengan gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent. Siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya memenuhi pada indikator 1 sedangkan siswa dengan gaya field independent secara umum telah mampu memenuhi indikator 1 dan 2 sedangkan pada indikator 3 hanya siswa dengan kelompok tertinggi yang memenuhi indikator tersebut. Sehingga diperoleh berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent lebih unggul dibandingkan siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam penyelesaian soal literasi matematis.