Identifikasi Kemampuan Siswa Dalam Menghitung Luas Gabungan Pada Materi Segiempat dan Segitiga
Abstrak
Kemampuan matematika sangat penting dimiliki siswa untuk membantunya dalam menyelesaikan masalah pada kehidupan sehari-hari. Namun kenyataannya, kemampuan matematika yang dimiliki setiap siswa berbeda-beda. Matematika berkaitan dengan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang dikuasai setiap siswa. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menghitung luas gabungan pada materi segiempat dan segitiga. Lokasi penelitian di SMPN 2 Majalaya dengan jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa yang berada di kelas VIII-i. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang berjumlah tiga soal uraian mengenai luas gabungan pada materi segiempat dan segitiga serta teknik analisis data yang digunakan terdapat tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.