Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Karawang Barat dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Materi Aritmatika Sosial

Penulis

  • tri wulandari Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan materi aritmatika sosial berdasarkan indikator pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berupaya untuk mendeskripsikan analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 21 orang siswa kelas VIII-A SMP Negeri Karawang Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah 5 soal cerita dengan materi aritmatika sosial yang memuat 4 indikator kemampuan pemahaman matematis yang diadaptasi dari skripsi dengan judul “ Pengaruh Context Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa” (Agung Wijaksono, 2017). Metode pengambilan data yang digunakan meliputi: Tes Kemampuan Pemahaman Matematis, Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa SMP Negeri Karawang Barat kelas VIII-A Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal cerita dengan materi aritmatika sosial berdasarkan indikator kemampuan pemahaman matematis yang meliputi: (1)kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep yang dipelajari; (2)kemampuan mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya; (3)kemampuan memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep; dan (4)kemampuan menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur/operasi tertentu masih tergolong sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah lemahnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan materi aritmatika sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi . Jakarta: Depdiknas.

Effendi, K. N. (2018, Januari). Penerapan Pembelajaran Advance Organizer dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 33-48. Dipetik Oktober 6, 2019, dari http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/419/377

Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018, September). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 1, 977. Dipetik November 11, 2019

Purwasih, R. (2015, Maret). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9, 16-25. Dipetik Oktober 6, 2019, dari http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/113

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018, Desember). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan: Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3, 98. Dipetik November 2, 2019

Sari, D. P., Nurochmah, n., & Haryadi, H. (2016, Mei). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Student Teams Achievment Division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3, 16-22. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7547

Wijaksono, A. (2017). Pengaruh Context Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jakarta: UIN SYARIF HIDAYATULLAH. Dipetik November 2, 2019

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

wulandari, tri, & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Karawang Barat dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2470

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2