ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA

Penulis

  • Awanda Mislul Pasehah
  • Dani Firmansyah Universitas Singaperbangsa Karawang - UNSIKA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi penyajian data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Karawang Barat Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 33 orang yang dipilih menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa yang digunakan sebanyak 4 soal berbentuk uraian dengan indikator kemampuan representasi matematis siswa yaitu : representasi visual : menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi ke representasi diagram, grafik atau tabel; dan representasi kata atau teks tertulis : menjawab soal dengan kata-kata atau teks tertulis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amaliah & Mahmud (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Geometriserta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. JRPM, 2018, 3(2), 146-160 Jurnal Review Pembelajaran Matematika

Azwar, S (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cai, J., Jakabcsin, M.S., dan Lane, S (2013) “Assessing Students’ mathematical communication”. Blackwell Publishing Ltd. Volume 96, No. 5, 238-246.

Fauziah (2018). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menggunakan Teknik Visual Thinking Berbasis Komik

Goldin, G. A (2002). “Representation in Mathematical Learning and Problem Solving. “ Dalam L. D English (Ed). Handbook of International Research in Mathematics Education (IRME). New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates.

Huda, Musdi & Nari (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. ISSN: 1410-8208 (Print) 2580-2771 (Online). JURNAL TA’DIB, Vol 22 (1), 2019, (Januari-Juni)

Hutagaol, Kartini (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No.1, Februari 2013

Jones, B.F., & Knuth, R.A. (1991). What Does Research Say about Mathematics? [online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/265149092_What_Does_Research_Say_About_Mathematics.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Misel dan Suwangsih (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metodi DIdaktik Vol. 10, No. 2, Januari 2016.

NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nugraha (2017) Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis Siswa. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA) Vol. 1 No. 2, Hal, 1, Maret 2017. ISSN 2541-0660 © 2017

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Sugiyono (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2480

Terbitan

Bagian

Artikel