Kemampuan Literasi Matematis dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Serta Kaitannya Dengan Soal Matematika PISA
Abstrak
ABSTRAK
Kemampuan literasi matematis siswa adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk memahami materi matematika dan menggunakannya dalam pemecahan masalah yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menguji prestasi literasi matematis siswa adalah dengan menggunakan soal PISA. PISA adalah studi Internasional yang dilakukan untuk melihat tingkat keberhasilan pendidikan suatu Negara yang diujikan pedala siswa berumur 15 tahun. Menurut draft assessment framework PISA 2006, literasi matematika adalah kemampuan pada seseorang untuk merumuskan , menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan fenomena atau kejadian. Seorang siswa dikatakan mampu menyelesaikan masalah apabila ia dapat menerapkan pengetahuannya kedalam situasi baru yang belum dikenal. Kemampuan inilah yang bisa kita sebut dengan kemampuan berfikir tingkat tinggi. Dalam artikel ini akan dipaparkan secara jelas keterkaitan soal-soal model PISA dengan kemampuan literasi matematis siswa dan kemampuan berfikir tingkat tingggi siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan tehnik pengambilan data yang dilakukan adalah library research (studi pustaka) kemudian selain itu tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dengan demikian kesimpulannya bahwa soal matematika PISA tidak hanya menguji kemampuan matematika sederhana siswa, tetapi juga menguji kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa.
Kata kunci:
Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Berikir tingkat Tinggi, Soal Matematika PISA
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Budiono. (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi
Matematis Siswa SMP. Unnes Journal Of Mathematic Education , 3.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thingking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi
Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika , 170-176.
Elentriana, H., & Febrima, R. (2017). Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika (PISA) dan Daya Juang
Siswa dalam Menghadapi UN. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY , 335-342.
Lange, J. d. (2006). Mathematical Literacy for Living From OECD-PISA Perspective. Tsukuba Journal of
Mathematics , 13-35.
Masjaya, & Wardono. (2018). Penttingnya kemampuan Literasi matematika untuk menumbuhkan Koneksi
matematis dalam meningkatkan SDM. Prosiding Seminar Nasional Matematika , 568-574.
OECD. (2018). PISA 2015 Assesment and Analytical Framework : Reading Mathematic and Financial
Literacy. Retrieved September 30, 2019, from OECD: https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-
focus OECD. (2018). PISA 2015 Result In Focus.
Publishing, O. (2016). Reading and Mathematical Literacy. France: OECD Publishing.
Publishing, O. (2016). Reading and Mathematical Literacy. France: OECD Publishing.
Ramadhan, G., Dwijanati, P., & Wahyuni, S. (2018). Analisis Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Menggunakan
Instrument Two Tier Multiple choice Materi Kuantun Konsep Siswa SMA di kabupaten Cilacap. Unnes
Physics Education , 85-91.
Suryapusoitarini, B. (2018). Analisis soal-soal Matematika Tipe HOTS pada kurikulum 2013 untuk
mendukung kemampuan literasi matematis siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika , 876-884.
UNESCO. (2017). Literacy Rates Continue to Rise from One Generation to the Next. UIS Fact Sheet , 1-13.