Kemampuan Representasi matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika

Penulis

  • Sri Mulyaningsih Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa
  • Haerudin Haerudin

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan mengadakan studi penelahaan terhadap penelitian- penelitian terdahulu yang ada hubungannya dengan masalah kemampuan representasi matematis siswa. Kemampuan representasi siswa saat ini masih dapat dikatakan  kurang berkembang. Berdasarkan pemaparan yang diperoleh dari kajian pustaka, dapat diketahui bahwasanya  kemampuan representasi siswa dalam pembelajaran matematika sangatlah penting dan perlu dikembangkan, karena dapat mempengaruhi cara siswa dalam mengkomunikasikan  ide-ide serta gagasannya dari yang abstrak menjadi konkrit dengan menemukan serta mengembangkan suatu alat atau cara berpikir siswa itu sendiri agar konsep-konsep matematis yang diterima lebih mudah untuk dipahami. Karena ketika konsep-konsep matematis yang diterima siswa mudah untuk dipahami, siswa pun akan mudah untuk  memahami suatu masalah  guna membuat suatu rencana dalam memecahkan masalah tersebut. Oleh sebab itu dapat dipetik kesimpulan bahwa kemampuan representasi matematis pada diri siswa juga berkaitan dengan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Mulyaningsih, S., & Haerudin, H. (2019). Kemampuan Representasi matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2527

Terbitan

Bagian

Artikel