ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT

Penulis

  • Alfiyyah Hana Safitri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan proses mengatasi suatu masalah yang berfokus pada proses dan strategi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dalam bentuk soal cerita pada pokok materi segiempat dengan menganalisis jawaban peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 01 Cikarang Utara dengan jumlah 39 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Instrumen yang dipakai di dalam penelitian ini yaitu berupa soal uraian kemampuan pemecahan matematis yang terdiri dari 5 buah soal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik belum terbiasa menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah dengan bentuk soal cerita misalnya peserta didik tidak bisa memaknai maksud dari soal, terkadang peserta didik tidak menggunakan diketahui dan ditanya, dan peserta didik kurang mampu dalam menuliskan penyelesaian secara matematis dan tepat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Safitri, A. H., & Abadi, A. P. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7617

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>