ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMPIT PADA MATERI GARIS DAN SUDUT

Penulis

  • Atista Yasha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • attin warmi

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII pada materi garis dan sudut. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMPIT AS-SYIFA QOLBU di Bogor dengan siswa sebanyak 20 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes kemampuan berfikir kreatif dalam bentuk soal sebanyak tiga soal. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa indikator Kefasihan (fluency) siswa dapat memberikan jawaban yang beragam dan benar dalam mengidentifikasi hubungan sudut-sudut pada dua garis sejajar dengan presentase 44%. Indikator Kebaruan (originality) siswa dapat memberikan jawaban dalam menentukan jarak sebenaarnya pada peta dengan presentase 52,5%.  Keluwesan (flexibility) siswa dapat memberikan jawaban dengan minimal dua cara yang berbeda untuk menentukan nilai x pada jumlah sudut dalam segitiga dengan presentase 31%.

 

Kata kunci: Berfikir Kreatif, Matematis, Garis dan Sudut

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-20

Cara Mengutip

Yasha, A., & warmi, attin. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMPIT PADA MATERI GARIS DAN SUDUT. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7780

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2