KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TERHADAP PENYELESAIAN SOAL PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI SMPN 1 KLARI

Penulis

  • Alifia Elvianika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indrie Noor Aini Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Pemahaman konsep matematika siswa akan mempengaruhi tinggi rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang menjadi tujuan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi operasi aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas  VIII C di SMP Negeri 1 Klari Tahun Ajaran  2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu  menggunakan teknik simple random sampling, dimana didapatkan secara acak sampel berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi aljabar dalam bentuk uraian sebanyak 8 butir soal sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil analisis, diperoleh hasil  kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi aljabar masih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa siswa masih belum bisa mencapai  indikator kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil penelitian didapatkan  5 orang siswa dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 16%, 20 orang siswa dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 62%, dan 7 orang siswa masuk dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 22%.  Sedangkan, berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di sekolah tersebut  yaitu sebesar  80, didapatkan  5 orang siswa yang  telah mencapai KKM. Selebihnya, 27 orang siswa lainnya belum mampu mencapai  nilai KKM karena memiliki nilai yang kurang dari 80.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Elvianika, A., & Aini, I. N. (2023). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TERHADAP PENYELESAIAN SOAL PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI SMPN 1 KLARI. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7802