ANALISIS PENGELOLAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN IT INFRASTRUCTURE LIBRARY VERSI 3.0 AREA SERVICE OPERATION (STUDI KASUS : UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG)

Authors

  • Ahmad Fauzi
  • Ade Andri Hendriadi

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i01.33

Abstract

Tata kelola teknologi informasi (TI) memiliki peran yang penting dalam memberikan keunggulan dalam persaingan di dunia usaha. Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) sebagai organisasi menempatkan pentingnya dukungan teknologi informasi dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan Universitas. Layanan teknologi informasi pada fakultas dan unit kerja di lingkungan Unsika pada proses-proses operasionalnya yang berjalan perlu untuk dianalisis untuk mengetahui tingkat kemampuan layanan dan efektifitas pencapaian tujuan organisasi menggunakan ITIL versi 3.0 pada area service operation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explorative meliputi identifikasi, analisis, dan rekomendasi. Layanan teknologi informasi yang telah dimiliki oleh Unsika sudah baik dalam infrastruktur dengan jaringan yang integrasi kabel dan nirkabel, perlu ditingkatkan layanan sistem informasi baik akademik maupun non akademik. Dokumen layanan harus tersedia agar semua proses dan fungsi operasional dapat memenuhi sesuai praktek baik pada ITIL versi 3.0 area service operation.
Kata kunci : ITIL versi 3.0 service operation, metode explorative.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ITSMF, 2004, IT Service Management an Introduction Based on ITIL, Van Haren Publishing, Netherlands

Diana TY dan Dian A (2010) Analisis Pengelolaan TI PT X Menggunakan ITIL V3, Service Operation, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Jurnal Sistem Informasi Vol. 5 No. 2, ISSN : 1907-1221

Kanagi & Kashif (2012), Assessing the Relationship between ITIL Implementation Progress and Firm Size : Evidence From Malaysia., International Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2, ISSN 1833-3850, Malaysia

Office of Government Commerce.(2007), ITIL : Service Operation, TSO Publisher, London

Rachmad, Tutut, dan Erwin (2012), Perancangan Tata Kelola Service Operation Teknologi Informasi Pada Informational Capital Readiness PT PJB UPHT Gresik, STIKOM Surabaya

Taruu LLC (2009), ITIL® v3 Foundation Study Guide

Xa System (2007), ITIL V3 Quick Reference Guide

Published

2015-07-09

How to Cite

Fauzi, A., & Hendriadi, A. A. (2015). ANALISIS PENGELOLAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN IT INFRASTRUCTURE LIBRARY VERSI 3.0 AREA SERVICE OPERATION (STUDI KASUS : UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(01). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i01.33

Most read articles by the same author(s)