PERGESERAN PARADIGMA GLOBAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (TINJAUAN PUSTAKA)
DOI:
https://doi.org/10.35706/solusi.v10i21.90Abstract
Perkembangan ilmu dan teknologi yang begitu cepat terutama dalam bidang teknologi komunikasi membawa dampak perubahan-perubahan secara global. Menurut Makagiansar dalam (Muhammad Surya 2004: 88) secara Universal memasuki abad 21, terjadi pergeseran paradigma global dalam pola berfikir yaitu dari pola berfikir yang bersifat komplementalistik dan fragmentalistik kepada pola berfikir yang bersifat holistik. Dan pada gilirannya berpengaruh terhadap paradigma berfikir dalam dunia pendidikan termasuk di dalamnya peran peran guru. Dengan hadirnya teknologi, tugas seorang guru terasa lebih ringan karena bisa dijadikan media alat bantu dalam memperjelas dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar. Sebagai contoh dalam memperoleh sumber belajar, guru tinggal memberi arahan kepada peserta didik untuk mengakses di internet.
Hal yang dituntut dari seorang guru di era teknologi yang serba cepat berubah, adalah beradaptasi dengan hal yang bersifat aktual dengan terur menerus mempersegar informasi, tetapi tetap istiqamah memiliki jati diri sebagai hamba Alloh yang hatinya senantiasa dipenuhi rasa keagungan kepada Zat yang Pencipta, menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dan selalu peduli terhadap isu isu lingkugan hidup serta punya rasa cinta bangsa.
Tulisan ini bertujuan : (1) pengembangan wawasan para pendidik dalam menyikapi pergeseran yang terjadi secara global, (2). Untuk menggambarkan bahwa Perubahan sebagai sunah Alloh, dari masa ke masa akan selalu terjadi, (3) Agar guru tetap menjadi insan yang paling diandalkan dalam mengawal lahirnya generasi unggul di masa depan.
Kata kunci : PERGESERAN PERAN, PARADIGMA, DAN GLOBAL.
Downloads
References
Ahmad, Akbar S, Postmodernism and Islam : Predicement and promise (London: Pontlide) A. Koesoema, Doni, pendidikan karakter, jakarta, Grasindo, 2010. Capra, F, 2000, Titik Balik Peradaban, Alih bahasa M>Thoyib, Yogyakarta Yayasan Bentang Budaya.
Harahap, Syahrin, Islam, Konsep dan Inplementasi pemberdayaan, 1999, Pt. Tiara Wacana, Yogya.
Mulyana, Rahmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Alfabetha, CV, Bandung 2004.
Marryfield,1997, Preparing Teacher To Teach Global Perspectives, California:Carwin Press, Inc.
Mudjib, A. 1999, Fitrah & Kepribadian Islam, Pendekatan Psikologis, Jakarta, Darulfalah.
Mustofa, Agus : Menyelam ke Samudera Jiwa Dan Ruh, Padma Press, Surabaya.
Soyomukti, Nurani, Teori-teori Pendidikan, Arruzz, Media, Yogyakarta, 2010.
Ahmadi, Abu,: Psikologi Sosial, Jakarta, Rineka Cipta, 2007.
Syaodih , Nana, Kurikulum pembelajaran Kompetensi , Yayasan Kesuma Karya, Bandung, 2004.
Madjid, Nurcholish, Islam, Doktrin dan peradaban, Yayasan Wakaf Paramadina, 1995, Jakarta.
Soemanto, Wasyty, Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2006.
Pidarta, Made, Landasan Kependidikan , Jakarta, Rineka Cipta, 2007.
UURI, No14 th 2005, tentang Guru dan Dosen.
UU RI, No 20 th 2003 tentang SISDIKNAS
PP No 19, Th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.