MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BANGUN RUANG 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY

Penulis

  • Aries Suharso

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v11i24.111

Abstrak

Media pembelajaran bangun ruang 3d saat ini masih konvensional, pihak sekolah maupun tenaga pengajar merasa kesulitan dalam pengadaan alat peraga sebagai sarana media pembelajaran bangun ruang 3d. Di pandang dari aspek kognitif, siswa juga merasa kesulitan dalam memahami objek bangun ruang 3d, karena tanpa alat peraga mereka hanya mampu membayangkan saja atau mengimajinasikan sendiri objek bangun ruang 3d tersebut. Dalam penelitian ini kami merancang dan membangun suatu aplikasi model pembelajaran interaktif pada objek geometri kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, dan bola sebagai sarana pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar. Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi alat bantu bagi para guru matematika dalam menyampaikan materi bangun ruang 3d.
Keywords— Model pembelajran interaktif, bangun ruang 3d, Augmented Reality.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah S (2000), Wakiman T, Anggraini G “Materi Pembinaan Guru SD di Daerah†Yogyakarta : PPPG Matematika.

Agus Suharjana (2008). “Pengenalan Bangun Ruang dan Sifat-sifatnya di SD†Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Yogyakarta. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Allen, W. H. (1974). “ Media stimulus and types of learning. In H. Hitchens (Ed.)â€, Audiovisual instruction (pp. 7-12). Washington, DC: Association for Educational Communications and Technology.

Alvaro José Rodrigues de Lima (2007), Gerson Gomes Cunha, Cristina Jasbinschek Haguenauer, Luciana

Guimarães Rodrigues de Lima, “Torus Surfaces of Descriptive Geometry in Augmented Reality†Universidade Federal do Rio de Janeiro.

Arikunto, Suharsimi. 2002. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, Jakarta : Rineka Cipta. 2006.

Azuma Ronald (2001), “Recent Advance in Augmented Realityâ€, Computer & Graphic, November, HRL

Laboratories, LLC

Borg dan Gall, M. Damien and R. Walter (1989) “Educational Researchâ€. New York: Longman.

Bruner, J. (1966). “Towards a theory of instructionâ€. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Chafied Muhammad (2010), “Brosur Interaktif Berbasis Augmented Realityâ€, Institut Teknologi Sepuluh November.

Christian Kulas (2004), “Toward a development Methodology for Augmented Reality User Interfaceâ€, Technische Universitat Munchen.

Darussalam Muhammad (2010), “Deteksi Berbasis Marker untuk Mengambil (Capture) Gambar" Copyright @2010 by ITS Library.

Emir M. Husni (2011), “Perancangan Augmented Reality Volcano untuk Alat Peraga Museumâ€, Institut Teknologi Bandung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2011-09-01

Cara Mengutip

Suharso, A. (2011). MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BANGUN RUANG 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY. Majalah Ilmiah SOLUSI, 11(24). https://doi.org/10.35706/solusi.v11i24.111

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama