EFEKTIFITAS LAYANAN BIDANG BIMBINGAN & KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNSIKA
DOI:
https://doi.org/10.35706/solusi.v2i05.174Abstrak
Dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari berbagai kendala yang kerap kali dihadapi oleh pendidik maupun peserta didik, yang di sebabkan oleh berbagai paktor yaitu ada paktor eksternal maupun internal yang mengakibatkan berbagai dampak diantaranya terjadinya penurunan kualitas belajar mengajar baik yang di alami oleh mahasiswa maupun dosen. Oleh karena itu perlu adanya solusi kearah perbaikan. Maka disini penulis mengadakan penelitian di salah satu prodi bahasa inggris FKIP UNSIKA, dengan judul “Efektifitas Layanan Bidang Bimbingan & Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa ProdiPendidikan Bahasa Inggris Fkip Unsika†Oleh karena itu Bimbingan & Konseling yang menjadi pokus penelitian untuk mengatahui sejauh mana peran bimbingan konseling dalam meningkatan prestasi belajar Mahasiswa prodi bahasa Inggris. Hasil penelitian ditemukan beberapa variabel bahwa menanganan masalah belajar melalui proses bimbingan konseling banyak diminati dari dan lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar. Dari jumlah mahasiswa 57 orang atau 71 persen yang menyatakan berminat, sedangkan dilihat dari hasil penelitian akhir bahwa proses bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar Mahasiswa 75 persen kebanyakan perempuan sedangkan laki- laki 35 persen. Berarti perempuan lebih kreatif dalam meningkatkan prestasi belajar dibanding laki-laki.
Unduhan
Referensi
Arikunto S, 1998, Prosedur Penelitian. (Suatu Pendekatan Praktek).
Jakarta : Rineka Cipta.
Abdul Gani, Ruslan. 1997. Ciri Khas Anak Jenius. Jakarta. Sarana Cipta Ilmu
A. Juntika Nurihsan. 2011, “ Landasan Bimbingan & Konseling, PT.Remaja Rosdakarya.
Anas Salahudin, 2012. “ Bimbingan & Konselingâ€. CV Pustaka Setia.
Al-Qur`an Surat An Nahal Ayat 125.
Burton_______________________†The Guidance Of Learning Avtivitesâ€______.
Bimo Walgito, 2004, “Bimbingan dan Konseling di Sekolahâ€. Andi Yogyakarta.
Chisholm.L,L, 1950, “Guiding Youth in Secondari School,†Amerika Book Company, New York.
Devis . 1991 : 32.______________________________________
Depdiknas, Dirjen Dikdasmen. 2005. Pengembangan Program BK SMA. Jakarta. P3G.
Depdiknas, Dirjen Dikdasmen. 2005. Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta. P3G.
H, C , Witherington,_____________†Edukational Piysologyâ€_______
Hendarno . 1991___________________________________
Romlah . 1991_____________________________________
Slameto, 20003 : 54 __________________________________
Sutirna, 2013 “ Bimbingan dan Konseling†Pendidikan Formal, Non formal dan Informal . Yogyakarta.
Prayitno dan Amti, Erman (2004), “Dasar –dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Depdikbud.
Walgito, Bimo. 2004. Bimbingan Organisasi BK di Sekolah. Yogyakarta. Andi.
Winkel , WS, 1997 “Psikologi Pengajaran†Jakarta : Grasindo.
Prayitno. 1996. Berbagai Upaya Peningkatan Kualitas Guru Pembimbing dan Kontribusinya Terhadap Kualitas Pendidikan. Makalah. Disampaikan di Makassar 21 Mei 2006.
Prayitno dan Erman Anti. 1999. Dasar-Dasar BK. Jakarta. Rineka Cipta.
Prayitno. 1998. Buku III Seri Pemandu Pelaksanaan BK di Sekolah. Jakarta. Dirjen Dikdasmen
Sahani, Muchlas, dkk. 1999. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta. Depdiknas Dirjen Dikdasmen.
Siswoharjono, Aryatmi. 1996. Perspektif Bimbingan dan Konseling di Berbagai Institusi. Semarang . Satya Wacana
Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan BK di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.
Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, Juantika. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung . PT. Remaja Rosdakarya.