DESAIN SISTEM VIDEOCONFERENCE DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/solusi.v9i17.6Abstrak
Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seiring dengan kebutuhan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas sangat diharapkan bahwa teknologi videoconference menjadi salah satu solusi masalah pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia. Videoconference merupakan media distance learning yang cukup baik karena menyediakan fasilitas bagi pengajar untuk berkomunikasi dengan siswa yang menyerupai format pembelajaran konvensional, dengan jumlah siswa yang relative lebih banyak. Dalam penelitian ini, delapan elemen framework e-learning dipetakan dengan perkembangan situasi videoconference perguruan tinggi di Indonesia saat ini, yaitu Universitas Singaperbangsa Karawang
Dari hasil evaluasi pemetaan yang dilakukan dengan membandingkan kondisi saat ini dihasilkan rancangan arsitektur videoconference.
Kata kunci: videoconference, pedagogi, teknologi, desain interface, evaluasi, manajemen, sumber daya pendukung, etika, institusi, e-learning
Unduhan
Referensi
. M. Daniel. (1996), Distance Learning Technology and Application, Norword, Artec House.
. B.Bjorn and H. Olafur Ragnar, “Distance Learning Using IP Multicastâ€,
netlab.ru.is/docs/multicast. and.distance.learning.fin.pdf
. Distance Learning Technologies for Basic Education in Disadvantaged
Areas, www.cs.princeton.edu/~mzhang/papers/gccce.pdf
. Creating Building Blocks For Voice & Video Over IP,
www.h323forum.org/papers/polycom/BuildingBlocksforVoice&VideoOverIP.pdf
. Multimedia Architecture offering open distance learning services over internet, ouranos.ceid.upatras.gr/Publications/482.pdf
. Wawan Wardiana (9 Juli 2002), Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia, Peneliti Pusat Penelitian Informatika - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, www.informatika.lipi.go.id/perkembanganteknologi- informasi-di-indonesia
. Department of Distance Education, Distance Education, The Pennsylvania State University, USA http://www.outreach.psu.edu/de/what_is_de.htm
. (TEDL) web site for St. Philip's College, Human Resources Department, San Antonio, Texas, www.accd.edu/spc/iic/tedl/alearning.htm
. Pha, Peran Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Secara Online di Indonesia,
http://workshopteub.brawijaya.ac.id/artikel/peran.html
. Budi Rahardjo, The Future of NAP Applications, presentasi pada “XL
Business Solution Product Launch: NAP, M2M, Xpand,†Jakarta, 22 Februari 2006.
. Irfan Setiaputra, VPN untuk Perluas Jaringan Korporasi,
http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/472361.htm
. Prof. Juan Luis Bravo Ramos, Prof. Arturo Caravantes Redondo, Prof.
Marinela GarcÃa Fernández, Multimedia and ICTs Scenarios in Higher Education Engineering Programs, Universidad Politécnica de Madrid (UPM)
. Badrul H. Khan, A Framework for E-Learning,
http://BooksToRead.com/framework/dimensions.htm
. Som Naidu (2003) , E-learning A Guidebook of Principles, Procedures and Practices, © 2nd Revised Edition, CEMCA
. Mark Nichols, A theory for eLearning, Pre-Discussion Paper, Palmerston
North, New Zealand, March 2003
. http://www.lakenet.org/training/dlglossary.html
. http://www.contracosta.edu/DistEd/glossary.htm
. http://www.learningcircuits.org/glossary.html
. http://www.asia-elearning.net/content/aboutEL/index.html
. http://searchsmb.techtarget.com/sDefinition/0,,sid44_gci509906,00.html