Pengaruh Model Direct Instruction Terhadap Akurasi Passing pada Permainan Sepakbola
DOI:
https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v7i01.11230Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model direct instruction terhadap akuarasi passing pada permainan sepak bola. Penelitian ini menggunakan sampel ekstrakulikuler di salah satu sekolah dasar. Model pembelajaran sangat penting dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan passing sepak bola kemampuan siswa sekolah dasar, karena masih ada banyak yang berlatih teknik passing sepak bola dengan asal atau tidak maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan selama kurang lebih satu bulan, dengan intensitas pertemuan 4 kali dalam seminggu, total 3 minggu. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest.Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa dari anggota yang mengikuti ekstrakulikuler sepak bola. . Hal ini terlihat dari pelaksanaan penelitian bahwa tes akhir lebih baik dari tes awal. Dari hasil uji-t dapat dilihat bahwa t hitung 14.565 dan df 19, dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000. Oleh karena t hitung> t tabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh penerapan model Direct Instruction untuk meningkatkan keterampilan passing terhadap permainan sepak bola diterima. Dapat disimpulkan model Direct Introduction berpengaruh untuk mempelajari akurasi passing sepak bola.
Kata kunci: Akurasi passing, Model Direct Intruction, Sepakbola.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.