Kepuasan Wisatawan: Studi Kasus pada Wisatawan Olahraga Panjat Tebing Jalur Via Ferrata Dipengaruhi oleh Kompetensi Guide
Abstract
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi guide terhadap kepuasan wisatawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey eksplanatori dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu wisatawan olahraga panjat tebing jalur via ferrata sebanyak 100 responden dan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan indikator pengukuran kepuasan wisatawan yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, faktor emosional, harga dan kemudahan, sedangkan kompetensi guide mengacu pada concern for order, initiative, impact and influence serta information seeking. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum i) tingkat kepuasan wisatawan dan kompetensi guide berada pada kategori sedang. ii) kompetensi guide berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi guide memiliki pengaruh positif terhadap tingkat kepuasan wisatawan pada aktivitas panjat tebing jalur Via Ferrata.
Kata kunci: Kepuasan Wisatawan, Kompetensi Guide.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.