Kepuasan Wisatawan: Studi Kasus pada Wisatawan Olahraga Panjat Tebing Jalur Via Ferrata Dipengaruhi oleh Kompetensi Guide

Authors

  • Agi Juniadi Zatnika STKIP Pasundan
  • Dedi Supriadi STKIP PASUNDAN
  • Akhmad Olih Solihin STKIP PASUNDAN

Abstract

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi guide terhadap kepuasan wisatawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey eksplanatori dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu wisatawan olahraga panjat tebing jalur via ferrata sebanyak 100 responden dan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan indikator pengukuran kepuasan wisatawan yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, faktor emosional, harga dan kemudahan, sedangkan kompetensi guide mengacu pada concern for order, initiative, impact and influence serta information seeking. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum i) tingkat kepuasan wisatawan dan kompetensi guide berada pada kategori sedang. ii) kompetensi guide berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi guide memiliki pengaruh positif terhadap tingkat kepuasan wisatawan pada aktivitas panjat tebing jalur Via Ferrata.

Kata kunci: Kepuasan Wisatawan, Kompetensi Guide.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Zatnika, A. J., Supriadi, D. ., & Solihin, A. O. . (2024). Kepuasan Wisatawan: Studi Kasus pada Wisatawan Olahraga Panjat Tebing Jalur Via Ferrata Dipengaruhi oleh Kompetensi Guide. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 7(02), 86–91. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/speed/article/view/11445