IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS DAN SINTESIS DALAM BELAJAR RENANG GAYA DADA
DOI:
https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1493Abstract
Tujuan penilitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran analisis dan sintesis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain random group pretest posttest design. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas XII IPS I dan Kelas XI IPS II yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitiannya berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes proses gerakan hasil belajar renang gaya dada. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Model pembelajaran analisis memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar renang gaya dada; 2) Model pembelajaran sintesis memberikan pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada; 3) Model pembelajaran analisis lebih memberikan pengaruh secara signifikan daripada model pembelajaran sintesis terhadap hasil belajar renang gaya dada.Downloads
References
Haller, David. (2010). Belajar Berenang. Bandung: Pioner Jaya.
Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Juliantine, et al. (2013). Model-Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang Warliartika.
Maulana. (2007). Renang: Langkah-Langkah Renang Gaya Dada. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Mustaqim. (2004). Psikologi Pendidikan. IAIN Walisongo Semarang: Pustaka Pelajar Offset.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. (2010). Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif. Bandung: Rineka Cipta.
Thomas, David G. (2009). Renang Tingkat Pemula. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.