UPAYA MENlINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN SABIT PADA CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT MELALUI MEDIA BANTU STATIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 JATISARI
DOI:
https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1499Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tendangan sabit dalam cabang olahraga pencak silat melalui media bantu statis pada siswa. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan/Action Research dengan menggunakan teknik observasi dan pengamatan, menggunakan siklus penelitian yang dibuat berdasarkan tiga tahap siklus. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Karawang, jumlah peserta didik yang dijadikan responden dalam satu kelas sebanyak 33 orang Target sasaran dalam penelitian ini adalah siwa dapat melakukan tendangan sabit pencak silat dengan benar. Berdasarkan hasil belajar penelitian ini dapat disimpulkan, terdapat perubahan atau peningkatan dari observasi awal, siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut terlihat progresif dari setiap siklusnya. Untuk ketuntasan belajar siswa dari hasil tes awal siswa yang di nyatakan tuntas sejumlah 9 siswa (27%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 28 siswa (85%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 33 siswa (100%). Dengan demikian melalui media bangku sekolah dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar tendangan sabit pencak silat siswa-siswi kelas VIII SMPN 1 Jatisari.Downloads
References
Aip Syarifudin. 1987. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : CV. Baru.
Ali Imron. 1996. Belajar dan Pembelajaran.(Jakarta : Dunia Pustaka Jaya, 1996)
Arif S. Sadiman et al. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan & Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lubis Johansyah. 2004. Pencak Silat Panduan Praktis. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
Muhibbin Syah. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyono. A. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sudjana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nana Sujana. 1998. Cara Belajar siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.
R. Kotot Slamet Haryadi. 2003. Tehnik Dasar Pencak Silat. Jakarta: Dian Rakyat.
Ratna Wilis Dahar. 1989. Teori-Teori Belajar. Bandung : PT. Gelora Aksara Pratama.
Sayiful Bachri. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta.
Slamento. 2003. Belajar&Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukinta. 2004. Teori Pendidikan Jasmani. Bandung : Nuansa.
Sutan Zanti. 1992. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Supandi, 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud.
Sugianto. 1991. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud.
Syaiful B.D & Aswan Zai. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Yanuar Kiram. 1991. Belajar Motorik. Jakarta: Depdikbud.
Zukipli. 2001. Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosda Karya.
http://artikata.com/arti-351995-statis.html, diakses pada tanggal 25 november 2013